Subscribe:

Ads 468x60px

Minggu, 09 Oktober 2011

Cara Membersihkan busi


Kesibukan yang datang silih berganti sering kita alami ampe lupa akan merawat mobil kesayangan kita untuk sekedar tune up atau ganti oli mesin dan service rutin yang sering terbentur oleh waktu dan macet jalanan. Semua orang memiliki pengetahuan dan kemampuan yang berbeda, bisa saja sebenarnya kita mengerjakan perawatan mobil asal mau dan mengerti prinsip kerjanya dengan benar.
Seperti contoh kecil membersihkan pemercik bunga api di dalam ruang mesin yang sering berkerak dan kotor karena pembakaran mesin, kita sebenarnya bisa saja membersihkan busi kendaraan kita, caranya juga mudah hanya berbekal kunci busi 21mm/16mm(Lihat ukuran busi kendaraan), untuk mesin lebih dari 2 silinder sebaiknyalebih berhati2, karena urutan pembakaran/ urutan FO(Firing Order) terbalik/tertukar bikin mesin kagak mau nyala.
Untuk lebih aman pake cara:
1. Melepas Busi satu per satu. Cara membersihkan busi secara satu persatu lebih aman bagi yang awam, karena kemungkinan kabel busi terukar dengan kabel busi lainnya lebih kecil.
2. Membari tanda nomor kabel busi. Pemberian tanda pada kabel busi juga mempermudah kita untuk mengetahui pasangan kabel busi dan busi yang benar, sebagai patokan utama untuk mesin vertikal yakni silinder no 1 berada dekat puly, tuch lo,, yang ada vbeltnya ha ha.
Untuk cara membersihkan busi cukup simpel yakni pergunakan sikat baja untuk membersihkan kerak busi, warna pembakaran yang sempurna yakni coklat/kuning batu bata, kalau busi anda basah atau hitam sebaiknya segera ke bengkel untuk konsultasi dan service. Bila busi kita bagus kita cukup bersihkan aja, jangan lupa celah busi ukur antara 0,7mm-0,8mm dengan ideal 0,75mm antara ujug elektroda busi dengan body busi. Celah yang terlalu rapat dan terlalu renggang juga berpengaruh ke tenaga kendaraan, tetapi tidak meningkatkan performa mesin mobil kita.

0 komentar:

Posting Komentar